Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Penyimpanan WA Penuh Di Android

Cara Mengatasi Penyimpanan WA Penuh Di Android
Beberapa orang mungkin pernah mengalami WhatsApp tiba-tiba error dan muncul pemberitahuan bahwa Penyimpanan Internal Penuh. Untuk itu, disini kami akan membahas cara mengatasi WA error karena penyimpanan penuh.

Perlu diketahui bahwa WhatsApp adalah aplikasi untuk berkirim pesan. Aplikasi ini juga terbilang cukup banyak menggunakan memori yang cukup besar. Apalagi jika pengguna sering berbagi media foto atau video di WhatsApp. Hal ini tentunya akan membuat penyimpanan pada hp menjadi penuh.

Jika sudah seperti ini, biasanya WhatsApp akan mengalami error dan tidak bisa digunakan untuk berkirim pesan. Untuk mengatasinya sebenernya sangat mudah, anda hanya perlu menghapus beberapa file dalam hp. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi WhatsApp Penyimpanan Internal Penuh

Hapus file tidak penting

Hapuslah beberapa atau salah satu dari Gambar/Video/Aplikasi/Game yang tidak penting. Biasanya WhatsApp akan memerlukan ruang penyimpanan sebesar 200MB.

Anda bisa memilih menghapus file gambar atau video yang tidak penting agar penyimpanan internal menjadi lega.

Menghapus Data & Cache Aplikasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyimpanan penuh adalah menghapus data dan cache pada hp. Caranya adalah:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Klik Manajemen aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang memakai data dan cache besar
  4. Lalu hapus data dan cache aplikasi tersebut.
Aplikasi yang biasanya memakai ruang penyimpanan besar antara lain playstore, Instagram, tiktok, aplikasi e-commerce, editor foto dan video.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp error karena penyimpanan internal penuh. Anda bisa langsung mencobanya, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.